Selamat Datang Di Web SMP Semen Padang "Nan Baik Budi Nan Indah Baso" Sekolah swasta pertama untuk Sumatera Barat yang meraih Adiwiyata Nasional tahun 2012

Rabu, 14 Maret 2012

Sejarah Berdirinya SMP Semen Padang


Berdirinya SMP Semen Padang berawal dari sidang pleno Ikatan Pemuda Karyawan Indarung Sekitarnya) tanggal 1 Desembar 1969 yang dihadiri oleh pemuka masyarakat setempat maka didapat kata sepakat untuk mendirikan SMP di Indarung. Dalam rapat tersebut, telah dibentuk suatu badan yang akan bertanggung jawab atas penyelenggaraan sekolah yang baru lahir yang bernama “ Badan Pembina SMP Indarung” sehingga nama SMP yang baru lahir tersebut diberi nama “SMP Badan Pembina Indarung”.
Badan Pembina SMP Indarung dengan pengurus yaitu :
1.      Ketua                    : Zulkifli Zet
2.      Wakil Ketua          : Suardi
3.      Sekretaris I            : Syamsuar RM
4.      Sekretaris II          : Syafarudin latif
5.      Bendahara             : Zainal Abidin K
6.      Anggota                : A.A. Dt. Kayo
  Syafaruddin Boer
Pada tanggal 1 Januari 1970 SMP Badan Pembina Indarung telah mulai belajar dengan 10 orang tenaga kerja di bawah pimpinan Bapak Zulkifli Zet dan Bapak Syamsuar RM sebagai kepala tata usaha.
Pada tanggal 15 Desembar 1970, keluarlah Surat Keputusan (SK) Direksi PN Semen Padang No. Sek. 6507/11/70, maka berdirilah SMP Badan Pembina Indarung.
Pada tanggal 27 Januari 1971 SMP Badan Pembina Indarung dinyatakan sebagai sekolah swasta, terdaftar pada perwakilan Departemen P dan K Provinsi Sumatera Barat dengan surat no. 092-6-PUMP.
Pada tanggal 1 Agustus 1974 terjadi perubahan di bidang Pimpinan SMP Cemara Igasar Semen Padang dari bapak Zulkifli Zet kepada Bapak Drs. Syfyan Naim seorang dosen yang berasal dari IKIP Padang yang diperbantukan ke SD Cemara yang bekerja sama dengan IKIP Padang dan program PPSP.
Semenjak berdirinya SMP Semen Padang telah beberapa kali mengalami perubahan nama seperti :
1.      SMP Badan Pembina
2.      SMP Cemara Igasar Semen Padang
3.      SMP Igasar Semen Padang
4.      SMP PT Semen Padang

5.      SLTP Semen Padang
6.      SMP Semen Padang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar